Jumat, 10 Februari 2012

Pentingnya Merencanakan Keuangan Keluarga


PENTINGNYA MERENCANAKAN KEUANGAN KELUARGA (Part 1)
Tabung Dulu

Sering mendengar istilah bahwa gajihku tujuh koma, maksudnya setelah tanggal 7 koma, alias sudah mencari tambalan kesana kemari.Dan ketika bulan depan terima gaji langsung mendapat pos-pos untuk membayar hutang.Apabila hal tersebut terus berlanjut maka yang terjadi tahun ke tahun hutang Anda akan bertambah.Lalu apa sebenarnya yang terjadi dengan keuangan Anda? Apakah memang Pendapatan atau gajih Anda terlalu kecil?.Belum tentu, Banyak
orang yang mempunyai gajih puluhan juta perbulan, namun masih mengalami hal serupa, apakah penyababnya?. Penyababnya adalah kurangnya perencanaan keuangan.

Hal yang perlu di perhatikan adalah, kita harus bisa membagi keperluan berdasarkan keperluan urgency-nya.
1.Penting mendesak       
2.Penting tapi tidak mendesak
3.Tidak penting dan tidak mendesak.

Perhatikan juga:

1.Belanja Lebih kecil Daripada Pendapatan.
Besar pasak daripada tiang, itulah awal mula kita membuka lembaran HUTANG.Demi gengsi kita rela membeli HP, Kendaraan, atau apapun yang di luar kemampuan kita, yang terkadang tidak terlalu kita butuhkan.Pikir ulang barang yang akan kita beli berdasarkan manfaatnya.Apakah berbahaya bila kita titak memiliki Black Bery.

2.Hiduplah Sederhana

Hidup sederhana bukan berarti tidak punya apa-apa.Tapi hidup sederhana adalah hidup sesuai kebutuhan.Hidup sederhana bukan berarti tidak boleh punya mobil.Apabila Anda meresa kaya, tidak harus kan memiliki semua koleksi kendaraan mewah.tabungan aherat juga penting, Beramalah rutin dan terjadwal, mungkin itu lebih baik.

3.Jadikan Tabungan Sebagai Pengeluaran Pertama

Itulah bedanya mental kaya dan orang kebanyakan.Kebanyakan orang menabung bila ada sisanya.Nah sekarang di balik, nabung dulu sisanya baru di atur-atur.

4.Berinvestasi Itu Penting.

Seperti kita ketahui, di negara kita Indonesia tingkat inflasi 7-10 % per tahun, Yang artinya bila Anda menabung dan hanya berbunga seperti Bunga Bank sekarang, maka sesungguhnya kita telah merugi.Solusinya adalah dengan berinvestasi.

5.Berbisnis

Bila Anda bekerja di kator, atau yang mempunyai hari libur sabtu atau minggu, Anda bisa memenfaatkannya untuk mencari pendapatan tambahan.
Bila Anda mempunyai cukup modal, bisa ikut menanakan saham, atau membeli sebuah franchise yang sudah teruji.

Bila Anda termasuk yang takut dengan poin 5, atau anda masuk dalam zonya nyaman dan aman, maka untuk poin 5 Anda perlu menambahkan Asuransi.( Asuransi Jiwa, kesehatan dn lain-lain).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar di sini. Semua komentar yang masuk tidak melalui seleksi apa pun. Postingan ini bisa dibagi kepada teman facebook dan twitter dengan menekan tombol share di bagian bawah postingan. Saya mohon maaf apabila terlambat membalas komentar dan mengunjungi blog sahabat. Terima kasih untuk tidak menjadi spammer.